Kolesterol juga Memiliki Manfaat Penting bagi Tubuh


Selama ini kebanyakan orang menjauhi kolesterol karena di anggap sebagai penyebab penyakit, seperti ; hipertensi, stroke, serangan jantung , dan lain sebagainya. Padahal, kolesterol juga memiliki manfaat bagi tubuh kita.




Manfaat Kolesterol

Kolesterol merupakan prekursor utama pembentukan vitamin D serta hormon reproduksi, seperti estrogen dan testosteron. Vitamin D dan hormon tersebut penting guna menjaga keseimbangan pembentukan dan perusakan tulang untuk mencegah terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang).

Dalam hal ini, fungsi estrogen atau testosteron adalah mengontrol proses resorpsi tulang (osteoklas) dan membantu pembentukan tulang (osteoblas). Penurunan kadar hormon reproduksi menyebabkan penurunan kepadatan tulang karena tidak ada yang menyeimbangkan kedua proses itu.

Guru besar obstetri dan ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM), Ichramsjah A Rachman, dalam seminar tentang osteoporosis yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia, pekan lalu di Jakarta, menyarankan agar orang tidak diet berlebihan sehingga tubuh kekurangan kolesterol.

Walaupun demikian, kolesterol juga tidak boleh di konsumsi berlebihan. Asupan nutrisi haruslah seimbang agar tubuh kita tetap sehat dan bugar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar