Hormon Metabolik Tiroid dan Fungsinya

Hormon Metabolik Tiroid
Kelenjar tiroid, terletak dibawah kedua sisi laring dan terletak disebelah anterior trakea, mensekresi dua macam hormon yang bermakna, yakni tiroksin dan triiodotironin, yang biasanya disebut T4 dan T3, yang sangat mempengaruhi kecepatan metabolisme tubuh. Kelenjar ini juga mensekresi kalsitonin, untuk metabolisme kalsium. Sekresi kelenjar tiroid terutama diatur oleh hormon perangsang tiroid (TSH) yang disekresi oleh kelenjar hipofisis anterior.
Tahap pertama yang penting dalam pembentukan hormon tiroid adalah perubahan ion iodida menjadi bentuk iodium yang teroksidasi, baik iodium awal (nascent iodine) (I°) atau I3 , yang selanjutnya mampu langsung berikatan dengan asam amino tirosin.
Fungsi HormonTiroid dalam jaringan
Efek yang umum dari hormon tiroid adalah untuk menyebabkan transkripsi inti dari sejumlah besar gen. Hormon tiroid meningkatkan aktivitas metabolisme seluruh atau sebagian besar jaringan tubuh.

Fungsi tiroksin yang utama adalah meningkatkan jumlah dan aktivitas mitokondria, dan selanjutnya tiroid meningkatkan kecepatan pembentukan adenosin trifosfat (ATP) untuk membangkitkan fungsi selular. Salah satu enzim yang meningkat sebagai respon terhadap hormon tiroid adalah Na,K-ATPase. Na,K-ATPase ini selanjutnya meningkatkan kecepatan transpor baik natrium maupun kalium melalui membran sel dari beberapa jaringan.
Hormon tiroid juga menyebabkan membran sel dari sebagian besar sel menjadi mudah dilewati oleh ion natrium, yang selanjutnya akan mengaktifkan pompa natrium dan lebih jauh lagi meningkatkan pembentukan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar