Gigantisme dan Akromegali ( Pertumbuhan Raksasa )

Akromegali dan Gigantisme merupakan penyakit kronis dan progresif yang ditandai dengan disfungsi hormonal dan pertumbuhan skeletal yang mengejutkan. Akromegali terjadi setelah penutupan epifiseal, sehingga menyebabkan penebalan tulang, pertumbuhan dan viseromegali melintang.
Gigantisme mulai terjadi sebelum penutupan epifiseal dan menyebabkan pertumbuhan proporsional berlebihan disemua jaringan tubuh. Perbedaan akromegali dan gigantisme yaitu jika akromegali berkembangnya perlahan-lahan, sebaliknya dengan gigantisme yang berkembang secara tiba-tiba dan sangat cepat.

Penyebab :
-Lesi pituitari ekstrapiramidal atau tumor lain yang menyebabkan sekresi hormon pertumbuhan manusia (human growth hormone-hGh) yang berlebihan.
-Sekresi hGh yang berlebihan yang membuat seluruh bagian tubuh berubah sehingga menyebabkan akromegali. Jika sekresi yang berlebihan ini terjadi sebelum masa pubertas, penderita mengalami gigantisme.
-Kemungkinan juga ada pengaruh genetik (keturunan)
-Adenoma somatotropik

















Gigantisme















Akromegali






Tanda Dan Gejala :


1. Akromegali
Tanda dan gejalanya meliputi :
- Artopati
- Sindrom terowongan karpal (carpal tunnel syndrome)
- Otot proksimal lemah
- Letih
- Acanthosis nigricans (tumbuhnya kutil halus yang jinak dan hiperpigmentasi yang muncul dikulit aksila (ketiak), leher dan daerah anogenital).
- Skin tag
- Kulit berminyak
- Pertumbuhan kartilago dan jaringan ikat yang berlebihan
- Daerah supraorbital membesar, telingan dan hidung menebal
- Tonjolan rahang yang jelas terlihat yang bisa mengganggu proses mengunyah
- Suara terdengar dalam dan bergaung
- Jari-jari tangan menebal
- Penyakit arteri koroner
- Kardiomiopati yang disertai aritmia, hipertrofi ventrikular kiri, dan fungsi diastolik menurun
- Hipertensi
- Obstruksi jalan napas atas yang disertai sleep apnea
- Viseromegali yang merata, meliputi kardiomegali, makroglosia dan pembesaran kelenjar tiroid
- Dada seperti tong (barrel) dan kifosis
- Terjadi tanda-tanda diabetes mellitus dan intoleransi glukosa.

2. Gigantisme
Tanda dan gejalanya meliputi :
- Keabnormalan skeletal dan tanda-tanda intoleransi glukosa seperti yang terlihat pada penderita akromegali
- Pembesaran tumor pituitari (yang menyebabkan hilangnya hormon trofik lain, misal hormon yang menstimulasi tiroid, hormon yang menstimulasi folikel dan kortikotropin).

Uji Diagnostik
- Kadar serum hGh yang diukur dengan radioimmunoassay biasanya naik
- Uji supresi glukosa tidak bisa menekan kadar hormon sampai dibawah jumlah normal yang dapat diterima, yaitu 2 ng/ml
- Sinar X tengkorak, computed tromography (CT) Scan, arteriografi, dan magnetic resonance imaging menentukan keberadaan dan perluasan lesi pituitari
- Sinar X tulang menunjukkan penebalan kranium (terutama tulang frontal, oksipital dan parietal) dan penebalan tulang panjang, serta osteoartritis ditulang belakang.

Penanganan
- Hipofisektomi kranial atau transfenoidal atau terapi radiasi pituitari dilakukan untuk membuang tumor yang mendasar
- Penggantian hormon tiroid dan gonadal dan kortison dilakukan sesudah pembedahan
- Bromocriptine (parlodel) dan octreotide (sandostatin) digunakan untuk menghambat hGh.

1 komentar:

  1. resep melebihi Ejakulasi Dini

    pakai kondom tebal
    Kondom tebal dapat menciutkan sensitivitas penis kamu, memanfaatkan kondom yg tebal diakui mampu menghasilkan kamu lebih kenyal kedaluwarsa dikala bersambung sex sebab kulit penis tak bertemu cepat dgn pagar nonok. Lagi-lagi, rumus melewati ejakulasi dini ini dinilai langka asyik buat si cowok dan perempuan lantaran dapat mengecilkan kenikmatan bercinta.

    bubut sebelum keluar
    seandainya kamu merasa bakal meraup ejakulasi, cobalah dikeluarkan penis semenjak faraj pasangan kamu. Tenangkan diri kamu sekejap atau alihkan pikiran kamu ke elemen lain, dgn rumus ini terhadap menghindari ejakulasi yg berlangsung terlampaui langsung, dan pastinya tak bakal mengecilkan kegairahan ereksi. formula ini tak disukai perempuan dikarenakan rata-rata perempuan lebih senang seandainya vaginanya diserbu bersambung tidak dengan henti hingga menjangkau orgasme.

    Latihan relaksasi
    Merilekskan badan dan pikiran dgn meditasi dan latihan relaksasi, dapat mengungguli ketegangan dan kecemasan diwaktu melaksanakan jalinan sex. mendapatkan penyelidikan ejakulasi dini sanggup disebabkan atau diperparah oleh ketegangan pikiran yg dialami satu orang cowok, metode gampang pada menggapai relaksasi yaitu dgn berbaring sambil mendengarkan musik-musik relaksasi.

    Terapi seks
    Terapi sex buat mengontrol ejakulasi dilakukan dgn pertolongan putri, betina laksanakan masturbasi kepada laki yg mengalami ejakulasi dini bersama kedudukan laki berbaring terlentang, hingga laki merasa dapat ejakulasi. bagi dikala laki merasa mau orgasme dan ejakulasi, putri laksanakan penegasan bagi penis bersama memakai ibu jari, telunjuk dan jari lagi, selagi sekian banyak detik guna mencegah terjadinya ejakulasi. faktor ini dilakukan berulang kali tatkala kiranya.

    Apabila pertanyaan masih belum sanggup terpecahkan serta-merta menghubungi dokter spesialis andrologi Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

    Obat kulup panjang | Kulup panjang

    Cara atasi Ejakulasi dini | Klinik sunat jakarta

    Konsultasi Online Gratis | Free Chat

    BalasHapus